Minggu, 21 Desember 2008

Komentar pendekatan realistik dalam membelajarkan pecahan di SMP

Menurut hemat saya, pendekatan realistik yang akhir-akhir ini masih proses pengembangannya di wilayah pulau jawa dan sumatra sangat relevan dengan situasi pembelajaran yang dituntut oleh kebanyakan masyarakat(kalangan pendidikan). saya sangat mendukung dengan hadirnya berbagai ide yang dapat mengembangkan model pembelajaran yang cocok terutama bersasarkan klasifikasi jenjangnya. karena sekarang ini matematika itu masih saja dianggap hal yang mengkwatirkan bagi sebagian siswa dan kalangan yang tidak suka matematika. pendekatan realistik yang berkonteks nyata kiranya lebih meningkatkan daya kreativiatas dan pemahaman siswa. untuk mengajarkan materi pecahan memang dibutuhkan sebuah pendekatan yang sangat relevan, dan seperti yang ada sekarang ini, yaitu pendekatan realistik, maka melalui peragaan dengan benda kongkrit saya yakin siswa tidak merasa bingung untuk memahami arti pecahan. pada intinya saya mendukung bahwa pembelajaran pecahan bagi siswa SMP dapat diterapkan melalui pendekatan realistik.
pertanyaan:
berdasarkan observasi di lapangan bahwa setelah realistik dikembangkan matematika masih banyak guru yang belum mempelajari secara benar apa sesungguhnya pendekatan realistik itu sendiri sehingga masih menerapkan konsep yang keliru khususnya pada pokok bahasan yang diangap sulit di sekolah dasar yaitu pecahan.

Tidak ada komentar: